Hidayati, Nina (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 13 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NINA_HIDAYATI_83324_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NINA_HIDAYATI_83324_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NINA_HIDAYATI_83324_2011.pdf
Download (210kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataaan di lapangan bahwa siswadalam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan olehguru. Dalam proses pembelajaran siswa ribut dan beberapa orang siswa asikbermain dengan teman sebangkunya karena siswa tidak konsentrasi. Hal ini dapatdiatasi melalui metode Numbered Head Together (NHT), karena metode NHTakan membuat siswa paham dan mengerti dengan apa yang dipelajarinya karenasiswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran pada tahap prabaca, saat baca,dan pasca baca dengan menggunakan metode NHT dalam pembelajaran membacapemahaman.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif denganjenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yangterdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, yang disertai observasi, danrefleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 13 Ikur KotoKecamatan Koto Tangah Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperolehbahwa metode NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep membacapemahaman siswa, tiga tahap metode NHT yaitu: (1) mengarahkan, (2) membagikelompok heterogen, (3) memberikan materi bahan ajar, (4) mempresentasikanhasil kerja kelompok, (5) memberikan kuis individual, dan (6) memberikanreward.Hasil penilaian penelitian setelah siklus I menunjukkan ketercapaian yangdiperoleh siswa pada tahap prabaca 56%, tahap saat baca 64%, tahap pasca baca65%, oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswaadalah tahap prabaca 87%, tahap saat baca 88%, tahap pasca baca 87%. Telahterjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkanpada penelitian tindakan kelas melalui metode NHT dapat meningkatkan konsepmembaca pemhaman siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MEMBACA, METODE PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26513 |