Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Rangkuman Siswa Kelas VIII SMP N 4 Pariaman

Sari, Wenny Aulia (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Rangkuman Siswa Kelas VIII SMP N 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WENNY_AULIA_SARI_72555_1569_2011.pdf] Text
final_B1_WENNY_AULIA_SARI_72555_1569_2011.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi kemampuan
membaca pemahaman, kemampuan menulis rangkuman, dan hubungan antara
kemampuan membaca pemahaman dengan menulis rangkuman siswa kelas VIII
SMP N 4 Pariaman.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 221 orang yang tersebar dalam
enam kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah 42 orang.
Variabel penelitian ini, yaitu variabel bebas (X) untuk kemampuan membaca
pemahaman dan variabel terikat (Y) untuk kemampuan menulis rangkuman. Data
penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk kemampuan membaca
pemahaman dan tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis rangkuman. Data
yang sudah terkumpul kemudian dianalis dengan langkah-langkah sebagai
berikut. Pertama, mengoreksi jawaban sampel dari hasil tes membaca
pemahaman. Kedua, menentukan skor kemampuan menulis rangkuman. Ketiga,
mengubah skor tes kemampuan membaca pemahaman dan skor tes kemampuan
menulis rangkuman menjadi nilai. Keempat, mengklasifikasikan nilai kemampuan
membaca pemahaman dan nilai kemampuan menulis rangkuman. Kelima,
mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan
menulis rangkuman Keenam, mengkolerasikan variabel kemampuan membaca
pemahaman dan variebel kemampuan menulis rangkuman dengan menggunakan
rumus kolerasi product moment, untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau
ditolak. Ketujuh, menyimpulkan hasil pembahasan.
Hasil penelitian dan analisis data kemampuan membaca pemahaman dengan
kemampuan menulis rangkuman sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VIII SMP N 4 Pariaman berada pada kualifikasi hampir
cukup dengan nilai 54,09. Kedua, kemampuan menulis rangkuman siswa kelas VIII
SMP N 4 Pariaman berada pada kualifikasi hampir cukup dengan nilai 54,88. Ketiga,
terdapat hubungan yang signifikan antara kemampua membaca pemahaman dengan
kemampuan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP N 4 Pariaman.
Relevan dengan hasil penelitian, direkomendasikan dua hal. Pertama,
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP N 4 Pariaman perlu
ditingkatkan dengan mengadakan latihan intensif. Kedua, kemampuan menulis
rangkuman siswa kelas VIII SMP N 4 Pariaman perlu ditumbuhkembangkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 08 Oct 2025 01:50
Last Modified: 08 Oct 2025 01:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item
View Item