Sandra, Wennia (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WENNIA_SANDRA_95792_5156_2011.pdf [thumbnail of final_B1_WENNIA_SANDRA_95792_5156_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WENNIA_SANDRA_95792_5156_2011.pdf
Download (192kB)
Abstract
nilai kemampuan membaca pemahaman siswa. Kedua, kurangnya
aktifitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini
mempunyai dua tujuan. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VII-4 SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan dengan
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kedua, mendeskripsikan aktivitas
siswa kelas VII-4 SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan dengan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini merupakan penelitian campuran antara penelitian
kuantitatif dan penelitian kualitatif. Dikatakan penelitian kuantitatif karena
pengolahan data menggunakan angka, maka dari pengumpulan data,
penafsiran terhadap data, dan menampilkan hasilnya. Dikatakan penelitian
kualitatif karena pengolahan datanya juga menggunakan kata-kata, seperti
pada lembar observasi.
Data penelitian diperoleh melalui tes objektif dan dianalisis dengan
langkah-langkah sebagai berikut: Pertama, menentukan skor siswa. Kedua,
mengolah skor mejadi nilai. Ketiga, menentukan rata-rata hitung (M).
Keempat, mengelompokkan nilai berdasarkan skala 10. Kelima,
menganalisis nilai perindikator soal tes. Keenam, menganalisis peningkatan
membaca pemahaman siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Ketujuh,
menyimpulkan hasil pembahasan.
Berdasarkan analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII-4
SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan dari prasiklus yaitu 56,91, siklus I yaitu
69,19 dan siklus II 76,88. Selain itu juga terjadi peningkatan aktivitas siswa
kelas VII-4 SMP Negeri I Koto XI Tarusan dari prasiklus yaitu 49
persen,siklus I yaitu 81 persen dan siklus II yaitu 94 persen
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:41 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26510 |