Novena, Nina (2009) Pembelajaran dan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Berdasarkan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NINA NOVENA 63932-05-09.pdf [thumbnail of final_B1_NINA NOVENA 63932-05-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NINA NOVENA 63932-05-09.pdf
Download (155kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat fenomena, yaitu: (1) kurangnya minatsiswa dalam pembelajaran menulis, (2) rendahnya kemampuan menulis deskripsi siswa,(3) terbatasnya penguasaan dan pilihan kata dalam tulisan deskripsi, dan (4) kurangnyapengembangan ide dan pikiran dalam bentuk tulisan deskripsi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan kemampuanmenulis karangan deskripsi berdasarkan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 13Padang. Penelitian ini tergolong penelitian mixing methods, yaitu penelitian yangmenggunakan dua pendekatan secara bersamaan, penelitian kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 13 Padang. DataPenelitian diperoleh dengan dua cara. Pertama, data tentang pembelajaran menulisdeskripsi diperoleh dengan cara observasi dan angket. Kedua, data kemampuan menuliskarangan deskripsi berdasarkan hasil observasi diperoleh melalui tes yang diberikankepada siswa. Data pembelajaran menulis deskripsi diolah secara verbal. Dalam datakemampuan menulis karangan deskripsi berdasarkan hasil observasi dianalisis denganlangkah-langkah sebagai berikut: (1) memeriksa hasil tulisan siswa dengan menggunakantabel terlampir, (2) mencatat skor yang diperoleh siswa, (3) mengelola skor menjadi nilaidengan rumus persentase, (4) mengelompokkan kemampuan siswa berdasarkan patokanskala yang digunakan, (5) mendeskripsikan kemampuan menulis siswa dengan mencarinilai rata-rata, (6) membuat histogram kemampuan menulis siswa, dan (7) menyimpulkanhasil deskripsi data.Berdasarkan hasil deskripsi data, analisis dan pembahasan dapat disimpulkanhal-hal berikut. Pertama, secara umum tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulisdeskripsi berdasarkan hasil observasi tergolong baik sekali dengan nilai 85,67%. Kedua,secara umum kemampuan menulis karangan deskripsi berdasarkan hasil observasi siswakelas X SMA Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai65,99%. Ketiga, kemampuan menulis karangan deskripsi berdasarkan hasil observasisiswa kelas X SMA Negeri 13 Padang per indikator yaitu: indikator rincian objektergolong lebih dari cukup dengan nilai 73,35%, indikator menggugah imajinasitergolong cukup dengan nilai 55,54%, indikator penggunaan diksi tergolong lebih daricukup dengan nilai 70,1%, indikator memaparkan sesuatu yang dapat dilihat, didengar,dan dirasakan tergolong cukup dengan nilai 63,36%, dan indikator susunan ruangtergolong lebih dari cukup dengan nilai 68,90%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENULIS, KARANGAN DESKRIPSI |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:41 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26509 |