Efektifitas Media Miniatur dalam Meningkatkan Pengenalan Bagian Tubuh Hewan dalam MataPelajaran IPA Bagi Anak Tunagrahita Sedang: Quasi Eksperimen di Kelas D3/C1 SLB Lubuk Kilangan Padang)

Santi, Weni Aria (2011) Efektifitas Media Miniatur dalam Meningkatkan Pengenalan Bagian Tubuh Hewan dalam MataPelajaran IPA Bagi Anak Tunagrahita Sedang: Quasi Eksperimen di Kelas D3/C1 SLB Lubuk Kilangan Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WENI_ARIA_SANTI_83066_3555_2011.pdf] Text
final_B1_WENI_ARIA_SANTI_83066_3555_2011.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan penelitian dalam pembelajaran
IPA di kelas III/C1 SLB Lubuk Kilangan Padang tentang pengenalan bagian tubuh
hewan, guru belum optimal menggunakan media miniatur dalam proses belajar
mengajar. Terlihat bahwa anak belum mampu mengenal, membedakan dan
menyebutkan nama bagian tubuh hewan yang bermanfaat bagi manusia, sehingga
dalam proses pembelajaran memerlukan media, khususnya berupa media miniatur.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan media miniatur
dalam mengenalkan bagian tubuh hewan pada mata pelajaran IPA bagi anak
tunagrahita sedang kelas III SLB Lubuk Kilangan Padang. Hipotesis penelitian ini
menggunakan kriteria pengujian Ha diterima jika Uhit > Utab Ho ditolak jika Uhit ≤
Utab dalam membuktikan media miniatur lebih efektif digunakan dibandingkan
dengan menggunakan media gambar dalam mengenalkan bagian tubuh hewan pada
mata pelajaran bagi anak tunagrahita sedang kelas III di SLB Lubuk Kilangan
Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain
rotasi Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas III SLB Lubuk Kilangan
Padang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa soal
objektif sebanyak 10 buah yang dibacakan oleh peneliti berulang kali , dan data yang
diperoleh dianalisis menggunakan uji mann-whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Uhit = 2 dan pada taraf signifikan 95%
atau alfa = 0,05 diperoleh U tab = 0 untuk n = 6. Berdasarkan hasil tersebut maka
kriteria pengujian Uhit > Utab, terpenuhi, artinya Ha di terima dan Ho di tolak, hal ini
membuktikan bahwa media miniatur lebih efektif digunakan dalam mengenalkan
bagian tubuh hewan pada mata pelajaran IPA bagi anak tunagrahita sedang III SLB
Lubuk Kilangan Padang. Maka untuk itu penulis menyarankan kepada guru untuk
memilih media yang sesuai dengan karakteristik anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 08 Oct 2025 01:22
Last Modified: 08 Oct 2025 09:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26505

Actions (login required)

View Item
View Item