Nilwanilwati, Nilwanilwati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NILWANILWATI_10550_2618_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NILWANILWATI_10550_2618_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NILWANILWATI_10550_2618_2011.pdf
Download (154kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa dalamproses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru.Dalam proses pembelajaran siswa ribut dan beberapa siswa asyik bermain denganteman sebangkunya karena siswa tidak konsentrasi, terungkap dari hasil belajarIPA tidak memuaskan dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapatatasi dengan melalui model pembelajaran Konstruktivisme, yang bersifatmembangun pengetahuan siswa dengan mengaitkan ilmu yang sudah ada padasiswa dengan ilmu baru. Siswa lebih aktif dalam pembelajaran karena merekayang akan mengkonstruksi pengetahuan baru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif denganjenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV Sekolah DasarNegeri 09 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Berdasarkan hasilpenelitian yang diperoleh bahwa model pembelajaran Konstruktivisme dapatmeningkatkan hasil belajar sumber energi panas dan sifat-sifatnya, dengan empatlangkah model pembelajaran Konstruktivisme yaitu: (1) Tahap PengetahuanAwal, (2) Tahap Eksplorasi, (3) Tahap Diskusi dan Penjelasan Konsep, (4) TahapPengembangan dan Apikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada asfekkognitif pada siklus I skor 73 kategori cukup dengan persentase 61% kategoribelum tuntas dan siklus II menunjukkan skor 83 kategori baik dengan persentase86% kategori tuntas, asfek Afektif siklus I skor 72% kategori cukup dan siklus IImenunjukkan skor 84% kategori baik, asfek Psikomotor pada siklus I skor 75%kategori cukup dan siklus II menunjukkan skor 86% kategori baik Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alammelalui model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajarIPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Bandar Buat Kecamatan LubukKilangan Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:22 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26503 |