Hayuni, Nilma (2014) Perbedaan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar dan Media Objek Langsung Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NILMA_HAYUNI_96342_1008_2014.pdf [thumbnail of final_B1_NILMA_HAYUNI_96342_1008_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NILMA_HAYUNI_96342_1008_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama,siswa masih kesulitan mengembangkan ide tulisan. Kedua, siswa kurangmemahami hakikat dan unsur-unsur yang membangun sebuah puisi. Ketiga, siswamasih kesulitan dalam menulis puisi dengan bait yang teratur dan rima yangbagus. Keempat, siswa kurang mampu menggunakan citraan dan gaya bahasayang menarik.Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikanketerampilan menulis puisi dengan media gambar siswa kelas X SMA Negeri 2Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi denganmedia objek langsung siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang. Ketiga,menganalisis ada atau tidaknya perbedaan keterampilan menulis puisi denganmedia gambar dan media objek langsung siswa kelas X SMA Negeri 2 PadangPanjang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metodeeksperimen. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis puisidengan media gambar dan media objek langsung siswa kelas X SMA Negeri 2Padang Panjang. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus ujit untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang terjadi.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,keterampilan menulis puisi dengan media gambar siswa kelas X SMA Negeri 2Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,67.Kedua, keterampilan menulis puisi dengan media objek langsung siswa kelas XSMA Negeri 2 Padang Panjang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC)dengan nilai rata-rata 72,21. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwahipotesis penelitian (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajatkebebasan (dk) = n1 + n2 - 2 karena thitung > ttabel (1,79 > 1,67). Dengan kata lain,terdapat perbedaan signifikan keterampilan menulis puisi dengan media gambardan media objek langsung siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MENULIS PUISI, MENULIS PUISI |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:22 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26501 |