Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar pada Gugus Kecamatan Padang Panjang Timur

Tamsir, Tamsir (2008) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar pada Gugus Kecamatan Padang Panjang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TAMSIR 71280-05-08.pdf] Text
final_B1_TAMSIR 71280-05-08.pdf

Download (90kB)

Abstract

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan salah satu bidang studi yang kompleksitas yang wajib diberikan di setiap jenjang pendidikan. Karena bidang studi ini memiliki manfat yang besar terhadap kehidupan para peserta didik. Namun dalam pelaksanaannya pendidikan jasmani selalu mengalami kendala-kendala yang menghambat proses pembelajaran diantaranya penerapankurikulum yang belum menyeluruh, sarana dan prasarana yang terbatas dan kompetensi guru penjas yang juga masih terbatas. Penelitian ini bersifat Deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan dan mengetahui: 1) Penerapan Kurikulum dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Dasar di Gugus Kecamatan Padang Panjang Timur. 2) Kompetensi guru pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar di gugus Kecamatan Padang Panjang Timur, 3) Sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar di gugus Kecamatan Padang Panjang Timur, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Sekolah Dasar dan guru-guru pendidikan jasmani pada Gugus Kecamatan Padang Panjang Timur. Penarikan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling, sehingga seluruh sampel berjumlah 17 orang Kepala Sekolah, 17 orang guru penjas dan 58 orang Murid kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan teknik analisis deskriptif P = F/N x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan kurikulum dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar gugus Padang Panjang Timur adalah sangat baik (95%). 2) Sarana dan Prasarana yang dimiliki adalah Baik 80%. Dan 3) Kompetensi yang dimiliki oleh guru-guru pendidikan jasmani adalah baik (80%). Kesimpulan dalam penelitian berdasarkan hasil temuan diatas, maka dapat diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada sekolah dasar di gugus Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang adalah baik, hasil ini berdasarkan tingginya hasil persentase yang diperoleh sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Sekolah Dasar.
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:23
Last Modified: 07 Oct 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item
View Item