Peningkatan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Blok Dienes di Kelas II SDN 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Syukron, Syukron (2011) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Blok Dienes di Kelas II SDN 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYUKRON_90763_2927_2011.pdf] Text
final_B1_SYUKRON_90763_2927_2011.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam penyampaian pembelajaran konsep guru belum menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi, disebabkan alat peraga yang terbatas, walaupun ada alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, guru kurang mengerti cara menggunakannya. Sehingga siswa sulit memahami konsep-konsep penguragan bilangan cacah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka digunakanlah Blok Dienes dalam pembelajaran pengurangan bilangan cacah ( satu angka dengan satu angka, satu angka dari bilangan dua angka, dan dua angka dari bilangan dua angka dengan dan dengan teknik meminjam) yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep pengurangan bilangan, yaitu dalam menentukan bilangan pengurang dengan bilangan yang akan dikurang, serta besar kecilnya bilangan yang akan dikurang dengan bilangan pengurang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, dengan subyek penelitian berjumlah 40 orang siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari II siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan ( 140 menit ) dan siklus II satu kali pertemuan ( 70 Menit ). Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan, 4) refleksi. Pembelajaran dengan menggunakan Blok Dienes dilaksanakan melalui 5 tahap yaitu 1) tahap bermain bebas dan permainan, 2) tahap penelaahan dan kesamaan sifat, 3) tahap representasi, 4) tahap simbolisasi, 5) tahap formalisasi. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siwa melalui Blok Dienes datanya dinyatakan dalam bentuk: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Blok Dienes, 2) meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan Blok Dienes, 3) hasil belajar sebagai bentuk pemahaman siswa terhadap pengurangan bilangan cacah dengan menggunakan Blok Dienes. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Blok Dienes dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran penguragan bilangan cacah dalam mata pelajaran matematika kelas II SD Negeri 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.Peningkatan ini dapat dilihat dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dari nilai ulangan harian yaitu 15%, kemudian meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan II dari siklus I pertemuan I yaitu 11%, dan pada siklus II meningkat dari siklus I pertemuan II yaitu sebesar 20 %.Jadi dengan menggunakan Blok Dienes pada operasi pengurangan bilangan cacah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Operasi Pengurangan Bilangan Cacah, Blok Dienes, Bilangan Cacah, dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:23
Last Modified: 07 Oct 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26492

Actions (login required)

View Item
View Item