Maiza, Syofya (2011) Hubungan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya pada Siswa Kelas VIII di SMP N 18 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SYOFYA_MAIZA_77292_3295_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SYOFYA_MAIZA_77292_3295_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SYOFYA_MAIZA_77292_3295_2011.pdf
Download (217kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, yang bertujuan untuk mengungkap seberapa besar Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Padang. Penyusunan kerangka konseptual ini merupakan model hubungan antara masing-masing variabel yang terlibat dalam penelitian. Yaitu faktor-faktor yang menggambarkan rendahnya motivasi belajar siswa serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. bertitik tolak dari teori-teori dan hasil penelitian yang relevan. Kerangka konseptual menghasilkan rumusan hipotesis yaitu terdapat Hubungan Motivasi terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa angket dan nilai rapor siswa. pengumpulan data ini di peroleh dari penyebaran angket motivasi belajar kepada 73 orang siswa (20% dari populasi) yang mana jumlah keseluruhan popuasi kelas VIII adalah 365 orang yang terdiri dari 8 lokal pada SMP Negeri 18 Padang yang telah di tetapkan sebagai sampel penelitian. Dengan di kumpulkan data varibel motivasi belajar yang terdiri dari 30 butir pernyataan yang telah di uji validitas dan reabilitasnya, sedangkan data sekunder di peroleh dari hasil dokumentasi nalai ujian semester genap mata pelajaran seni Budaya yang berjumlah 73 orang siswa yang di ambil secara acak (random) kelas VIII SMP Negeri 18 Padang pada semester genap 2009/2010. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data yang baik angket telah di lakukan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen kepada 73 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang, dimana dari 34 Item motivasi yang diujicobakan 4 buah item dinyatakan gugur, karena tidak memenuhi kriteria alat ukur yang baik. Data yang diperoleh dari 73 orang siswa tersebut di analisis dengan menggunakan rumus Analisa korelasi Product moment yang proses penganalisaan di bantu dengan program komputer SPSS versi 15.0 Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa Motivasi memberikan kontribusi sebesar 80,61% terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Tari Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 09:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26490 |