Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Power of Two terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Kab. Pesisir Selatan.

Jusman, Syofya Reci (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Power of Two terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Kab. Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYOFYA RECI JUSMAN_05000_2012.pdf] Text
final_B1_SYOFYA RECI JUSMAN_05000_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran biologi, banyak permasalahan yang ditemukan guru, salah satunya adalah rendahnya hasil belajar biologi siswa. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar biologi siswa adalah kurangnya ketertarikan, minat dan motivasi siswa dalam belajar, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta guru masih dominan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dituntut aktif dan terampil dalam memilih model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Power of Two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Power of Two terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Basa Ampek Balai Kab. Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Basa Ampek Balai kecuali kelas VII tidak termasuk kedalam populasi, karena merupakan kelas unggul. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, sehingga didapatkan kelas VII 4 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Hipotesis yaitu uji t’ dengan ketentuan jika t’ 5 hipotesis diterima.. hitung Berdasarkan analisis hasil tes akhir, dengan menggunakan uji hipotesis didapatkan nilai t’ hitung 3,24 dan t tabel 2,04 yang berarti t’ hitung > t dan hipotesis diterima. Dari hasil belajar yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai ratarata 68,77 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 61,23. > t tabel Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Power of Two berpengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai, Kab. Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Power of Two, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:22
Last Modified: 07 Oct 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26488

Actions (login required)

View Item
View Item