Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Penggunaan Pendekatan Kontekstial di Kelas IV SDN 24 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat Padang.

Syofinar, Syofinar (2010) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Penggunaan Pendekatan Kontekstial di Kelas IV SDN 24 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYOFINAR_90395_3138_2011.pdf] Text
final_B1_SYOFINAR_90395_3138_2011.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Bahwa Pembelajaran seiring di dominasi oleh guru sumber imformasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah peningkataan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 24 Ujung Gurun Padang, yang mana penyampaiaannya berupa teori sehingga konsep materinya masih kurang di pahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselengarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan penggunaan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA dapat di laksanakan dengan menyenangkan, karna tampa di sadari siswa pembelajaran IPA sering mereka jumpai dalam kehidupan seharihari. Pembelajaran dapat di lakukan dengan membimbing, menuntun, mengarakan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang inggin di pelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil nelajar siswa dalam pemnelajaran IPA melalui penggunaan pendekatan kontektual di kelas IV SD. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari siklus yang terdiri atas kegiatan perencaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Nilai ketuntasan belajar IPA dengan menggunakan pendekatan Kontekstual pada siklus I dan II mengalami peningkatan, di mana ketuntasan belajar siswa siklus I dagan ratarata 6,21 dan pada siklus II rata-rata 7,43. Selain itu siswa telah terlatih untuk mencari tahu, mengujicobakannya di dalam kelompok belajar dan kemudian mengkomunikasikannya kepada teman yang lain dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penggunaan Pendekatan Kontekstial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:20
Last Modified: 07 Oct 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26485

Actions (login required)

View Item
View Item