Nurfita, Rinda (2011) eningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kotak Alfabet dan Gambar Buah-buahan di TK. Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RINDA_NURFITA_51176_3364_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RINDA_NURFITA_51176_3364_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RINDA_NURFITA_51176_3364_2011.pdf
Download (402kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas B2 di TK. Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh, dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa minat baca anak masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya alat peraga yang digunakan guru sebagai
media pada kegiatan membaca anak sehingga kegiatan membaca membosankan bagi anak. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dalam membaca Anak Usia Dini adalah dengan menggunakan permainan kotak
alfabet dan gambar buah-buahan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah permainan kotak alfabet dan
gambar buah-buahan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di TK.Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh khususnya anak kelas B2. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimanakah cara dengan permainan kotak alfabet dan gambar buah-buahan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelas B2 di TK. Dharmawanita Persatuan Kota
Payakumbuh.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelas B2 TK. Dharmawanita Persatuan Kota Payakumbuh tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8
orang perempuan. Data tentang kemampuan membaca anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan anak dalam membaca pada permainan kotak alfabet dan gambar buah-buahan anak
kategori sangat tinggi sebelum tindakan adalah 13%, pada siklus I rata-ratanya 31%, sedangkan pada siklus II rata-ratanya 92%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak mengalami peningktan dari sebelum tindakan
sampai dilakukan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan kotak alfabet dan gambar buah-buahan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 09:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26484 |