Perbedaan Hasil Belajar PKN Siswa Melalui Penerapan Teknik Beach Ball dengan Penerapan Metode Ceramah pada Kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung

Amril, Rince (2011) Perbedaan Hasil Belajar PKN Siswa Melalui Penerapan Teknik Beach Ball dengan Penerapan Metode Ceramah pada Kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINCE_AMRIL_67951_1501_2011.pdf] Text
final_B1_RINCE_AMRIL_67951_1501_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKN melalui penerapan Teknik Beach Ball dengan penerapan metode ceramah di SMP N 1 2x11 Enam Lingkung tahun ajaran 2010/2011. Hipotesis yang diajukan
adalah terdapat perbedaan hasil belajar PKN siswa kelas VIII semester I SMP N 1 2x11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest- Postest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 2x11 Enam
Lingkung tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dengan menggunakan tekhnik Purposive Sampling, yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen. Data
yang diambil adalah data primer yaitu hasil posttest kelas sampel, selanjutnya data dianalisa dengan uji-t. Dari uji-t yang dilakukan didapat thitung lebih besar dari tabel t
.Berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis, bila t
hitung > t hipotesis diterima dan sebaliknya bila t
hitung < ttabeltabel hipotesis ditolak. Maka dalam penelitian ini hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan teknik Beach
Ball dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas VIII SMP N 1 2x11 Enam Lingkung dibandingkan dengan metode ceramah . Dari hasil penelitian diharapkan kepada guru-guru untuk dapat menerapkan teknik ini sebagai salah satu alternatif pembelajaran. Untuk itu disarankan kepada guru untuk membuat perencanaan waktu dan bisa mengontrol
disiplin waktu pada setiap langkah-langkah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:20
Last Modified: 07 Oct 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26480

Actions (login required)

View Item
View Item