Adriani, Henny (2011) Pengaruh Penggunaan Model Learning Starts With a Question Terhadap Pemahaman Konsep Sosiologi Siswa Kelas XI IS SMAN 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HENNY_ADRIANI_73812_2335_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HENNY_ADRIANI_73812_2335_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HENNY_ADRIANI_73812_2335_2011.pdf
Download (546kB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran Sosiologi di kelas XI SMAN 1 Batang Anai
terlihat masih banyak siswa yang kurang aktif, mereka cenderung diam ketika
guru mengajukan pertanyaan yang kenyataannya dari hasil belajar sebagian
besar siswa masih belum memahami konsep yang diberikan. Untuk mengatasi
masalah itu banyak model pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru
diantaranya adalah model Learning Starts With a Question (LSQ). Model ini
diciptakan oleh Melvin L. Silberman yang pada dasarnya dapat meningkatkan
pemahaman konsep-konsep materi ajar. Untuk itu peneliti melakukan
eksperimen dengan model LSQ. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh penggunaan model LSQ terhadap pemahaman konsep Sosiologi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen
dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IS SMAN 1 Batang Anai. Sampel yang terpilih
sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IS1 yang berjumlah 39 orang
dan sebagai kelas kontrol adalah XI IS4 yang berjumlah 40 orang. Instrumen
penelitian adalah lembar observasi dan tes hasil belajar berupa soal objektif
pemahaman konsep. Lembar observasi dianalisis dengan menghitung
persentase aktivitas belajar siswa setiap kali pertemuan, sedangkan tes hasil
belajar data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep Sosiologi kelas eksperimen
adalah 12,10, sedangkan rata-rata pemahaman konsep Sosiologi kelas kontrol
adalah 8,22 pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah
dianalisis diperoleh t hitung = 6,80 dengan taraf nyata α = 0,05 dan df = 77,
sedangkan t tabel = 1,994 karena t hitung > t tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak.
Oleh karena itu, berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan model LSQ dapat meningkatkan pemahaman siswa
tentang konsep Sosiologi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 09:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26477 |