Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Program Aplikasi Animasi Macromedia Director Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran TI&K di Kelas VIII SMPN 31 Padang

Sari, Santi Kumala (2011) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Program Aplikasi Animasi Macromedia Director Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran TI&K di Kelas VIII SMPN 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SANTI_KUMALA_SARI_78934_2011.pdf] Text
final_B1_SANTI_KUMALA_SARI_78934_2011.pdf

Download (233kB)

Abstract

Mata Pelajaran TIK merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari siswa
yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan
teknologi untuk dimanfaatkan dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, sehingga
selepas dari jenjang pendidikan yang ditempuhnya ada nilai tambah yang dimiliki. Namun
masalah yang ditemui adalah kurangnya peran serta siswa dalam proses pembelajaran karena
siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut,
dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan
Macromedia Director dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Macromedia Director
di SMP N 31 Padang.
Jenis penelitian adalah quasy eksperimen dengan membandingkan hasil belajar siswa
yang belajar menggunakan Macromedia Direktor dan tanpa menggunakan Macromedia Director.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 31 Padang yang berjumlah 214
orang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas
VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII4 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 35
orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yang diperoleh dari
hasil tes akhir sebanyak 40 soal objektif yang dilakukan setelah penelitian dan sumber data
adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji t (t-test).
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 75,89 lebih tinggi
dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol 68,28.sedangkan dari uji t diperoleh t hitung
2,84 lebih besar dari t tabel 2,000 pada taraf signifikan α 0,05 yang menandakan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen yang belajar dengan
menggunakan Macromedia Direktor dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak
menggunakan Macromedia Direktor pada kelas VIII SMP N 31 Padang. Dengan demikian dapat
diketahui bahwa dengan menggunakan Macromedia Director memberikan pengaruh dalam
meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:19
Last Modified: 07 Oct 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26472

Actions (login required)

View Item
View Item