Pornilus, Pornilus (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme pada Kelas IV SD Negeri 08 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PORNILUS_90692_3842_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PORNILUS_90692_3842_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PORNILUS_90692_3842_2011.pdf
Download (147kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan
pengamatan peneliti pada tanggal 1 Juni 2011 ditemukan hasil belajar IPA siswa
masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin
mencoba meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Alang Lawas kecamatan
Padang selatan Kota padang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari
dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,refleksi.
Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek peneliti adalah
guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan pendekatan
konstruktifisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV SD
Negeri 08 Alang Lawas Kota Padang. Dari hasil belajar siswa yang dilakukan
pada siklus I penilaian proses pada aspek afektif pertemuan I diperoleh nilai 6,5
serta pada aspek psikomotor 7,3 sedangkan pada pertemuan ke II penilaian proses
pada aspek afektif diperoleh nilai 7,2 serta pada aspek psikomotor 7,4 dan aspek
kogitif pertemuan I dan II diperoleh nilai dengan rata-rata 6,9 dan 7,3 terjadi
peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu pada penilaian proses aspek
afektif pertemuan I dengan nilai rata-rata 8,1 serta pada aspek psikomotor 8,4 dan
pada penilaian aspek afektif pertemuan II diperoleh nilai 8,4 serta pada aspek
psikomotor 8,6 dan untuk penilaian hasil kognitif pertemuan I dan II diperoleh
nilai dengan rata-rata 7,9 dan 8,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 08 Alang Lawas
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 09:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 09:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26464 |