Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Make A Match pada Pembelajaran PKN di Kelas VII.I SMPN 5 Padang

Mairezki, Santy (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Make A Match pada Pembelajaran PKN di Kelas VII.I SMPN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SANTY_MAIREZKI_79273_823_2011.pdf] Text
final_B1_SANTY_MAIREZKI_79273_823_2011.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan metode
cooperative learning teknik make a match dalam pembelajaran PKn terhadap
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.I SMPN 5 Padang.
Pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru selama ini kebanyakan dilakukan
dengan metode ceramah, sehingga peran guru sangat dominan. Dengan kegiatan
belajar seperti ini siswa terlihat pasif, hal itu mengakibatkan perhatian, minat dan
hasil belajar siswa rendah. Untuk itu perlu dilakukan pembelajaran yang
memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut aktif terlibat dalam proses
pembelajaran yaitu salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif teknik make a match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas
VII.1 dengan jumlah 39 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus
dengan tiga kali pertemuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya
menggunakan lembar observasi berupa ceklis dan tes. Data yang diperoleh
melalui tindakan yang tercatat dalam lembar observasi dianalisis dengan formula
persentasi.
Hasil penelitian menunjukan, pada masing-masing siklus yaitu siklus I dan
II memperlihatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata
rata dari aktivitas yang diamati 62,90% pada siklus I, sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi 81,69%. Begitu juga dengan hasil belajar yang diperoleh
siswa terjadi peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yaitu 72,56
sedangkan pada siklus II yaitu 76,92. Berdasarkan penelitian yang dilakukan,
maka diperoleh perubahan ke arah yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pembelajaran menggunakan metode make a match dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:40
Last Modified: 07 Oct 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26461

Actions (login required)

View Item
View Item