Amelia, Poppy Erzam (2011) Types and Meanings of Directive Acts As Found in the Tourism Advertisements of West Sumatra. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_POPPY_ERZAM_AMELIA_67329_3341_2011.pdf [thumbnail of final_B1_POPPY_ERZAM_AMELIA_67329_3341_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_POPPY_ERZAM_AMELIA_67329_3341_2011.pdf
Download (445kB)
Abstract
tutur direktif mana yang sering digunakan oleh pembuat iklan dalam iklan
pariwisata. Adapun tipe tindak tutur direktif yaitu perintah (commanding),
permintaan (requesting), pertanyaan (questioning) dan saran (advising) yang
sesuai dengan konsep Kreidler (1998). Disamping itu, penelitian ini juga
bertujuan untuk melihat bagaimana suatu ucapan dapat mempengaruhi pendengar
untuk melakukan suatu tindakan sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh
pembicara.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini difokuskan
pada iklan pariwisata yang ada di Sumatra barat dalam bentuk brosur dan booklet.
Sumber data adalah kalimat iklan pariwisata. Data penelitian didapat dengan cara
mengutip dan menandai kalimat yang disampaikan oleh pembuat iklan dalam
iklan pariwisata. Kemudian data tersebut dianalisis berdasarkan tipe tindak tutur
direktif dan juga maknanya.
Dari hasil penelitian telah ditemukan dua dari empat tipe tindak tutur
direktif yang digunakan oleh pembuat iklan untuk mempengaruhi aksi pembaca
yaitu commanding (20,37%) dan advising (79,62%). Sedangkan tipe requesting
and questioning tidak ditemukan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TYPES AND MEANINGS |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:40 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26459 |