Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Teknik Berkirim Soal di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2009/2010

Safetri, Safetri (2010) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Teknik Berkirim Soal di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SAPETRI-10222-2011.pdf] Text
final_B1_SAPETRI-10222-2011.pdf

Download (156kB)

Abstract

Permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika adalah
rendahnya aktivitas siswa saat proses pembelajaran yang mengakibatkan
rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi siswa kurang aktif tersebut maka
dilakukan penelitian dengan teknik berkirim soal. Teknik ini memberikan
kesempatan kepada siswa dalam kelompoknya untuk membuat soal dan
memikirkan jawabannya, kemudian mengirimkan soal tersebut kepada kelompok
yang lain. Kelompok yang menjawab soal juga harus dapat membuat soal yang
lain dan memikirkan jawabannya terlebih dahulu untuk dikirimkan kepada
kelompok lain. Kemampuan siswa dalam menjawab soal yang dikirim oleh
kelompok lain dan membuat soal untuk kelompok lain merupakan salah satu
kegiatan yang dapat meningkatkan aktivitas belajar. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah apakah penggunaan teknik berkirim soal dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Gunung Talang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model teknik
berkirim soal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di
kelas VIII A SMP Negeri 2 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2009/2010.
iii
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
metode siklus. Dalam siklus ini terdiri dari 5 kali pertemuan, pada akhir siklus
diadakan tes akhir untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari tindakan kelas yang
dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gunung
Talang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa pada kelas
tersebut 34 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembaran
observasi dan lembaran tes akhir. Analisis data observasi aktivitas siswa
dilakukan dengan menghitung persentase aktivitas siswa sedangkan hasil belajar
dilakukan dengan melihat ketuntasan hasil belajar siswa (KKM Matematika
2009/2010).
iii
Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus karena hasil yang dicapai
sudah optimal. Analisis lembaran observasi memperlihatkan secara umum
aktivitas siswa cenderung meningkat selama diterapkannya teknik berkirim soal,
baik dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, diskusi dengan temannya
maupun menjawab pertanyaan dari guru dan temannya. Hasil belajar siswa juga
telah optimal, hal ini terlihat pada siklus I terdapat 94,1 % siswa mencapai nilai
ketuntasan. Sedangkan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya teknik berkirim
soal ini hanya terdapat 30 % siswa mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan teknik berkirim soal dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:40
Last Modified: 07 Oct 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26458

Actions (login required)

View Item
View Item