Kontribusi Lingkungan Belajar dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Teknik Perakitan Elektronika Kelas X di SMKN 5 Padang

Sarbaini, Sarbaini (2011) Kontribusi Lingkungan Belajar dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Teknik Perakitan Elektronika Kelas X di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SARBAINI-66346-2012.pdf] Text
final_B1_SARBAINI-66346-2012.pdf

Download (163kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di bawah standar
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. KKM yang ditetapkan
untuk mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika di SMKN 5 Padang adalah ≥
70 dngan rentang nilai 0 - 100. Kenyataan di lapangan bahwa 53,96 % siswa
memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkap besarnya kontribusi lingkungan belajar dan cara belajar terhadap
hasil belajar mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika di SMKN 5 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Jenis data yang
diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data
primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai lingkungan
belajar dan cara belajar mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika melalui
pengisisan angket, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang
diperoleh dari guru mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 5 Padang yang berjumlah 63
orang. Sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 39 orang yang diambil
berdasarkan Random Sampling (acak). Data dianalisis dengan menggunakan
program SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 16.0. Hasil
pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat thitung
sebesar 4,332 sedangkan ttabel sebesar 2,027 dengan df = n - 2 pada taraf
signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel, berarti terdapat kontribusi yang
signifikansi antar variabel dengan R2 (R Square) sebesar 0,337 (2) Hipotesis
kedua, hasil analisis uji-t didapat thitung sebesar 5,353 sedangkan ttabel sebesar
2,027dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel,
berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan R2 (R Square)
sebesar 0,436 (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh Fhitung sebesar 18,389
sedangkan Ftabel sebesar 3,26 dengan df 2,(n-k-1), pada taraf signifikansi 0,05
dengan ketentuan Fhitung > Ftabel , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar
variabel dengan R2 (R Square) sebesar 0,505. Dengan demikian hipotesis
penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:20
Last Modified: 07 Oct 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26451

Actions (login required)

View Item
View Item