Muliati, Sari (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI IA SMA Negeri 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SARI MULIATI_86157_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SARI MULIATI_86157_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SARI MULIATI_86157_2011.pdf
Download (722kB)
Abstract
Hasil belajar siswa pada ujian Mid matematika semester II di kelas XI IA
SMA Negeri 3 Payakumbuh sebagian besar di bawah KKM dan aktivitas siswa
selama mengikuti pembelajaran matematika belum aktif. Pembelajaran matematika
masih terpusat pada guru. Siswa tidak terbiasa berfikir dengan soal yang berbeda dari
contoh yang diberikan. Siswa tidak dapat mengerjakan dan menjelaskan masalah
matematika di depan kelas. Untuk mengatasi masalah ini maka diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hipotesis penelitian ini adalah “Hasil
belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar siswa dengan menggunakan
pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IA SMA Negeri 3 Payakumbuh
tahun pelajaran 2010/2011”. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimanakah
aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share dalam pembelajaran matematika di kelas XI IA SMA Negeri 3 Payakumbuh
tahun pelajaran 2010/2011?”.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan Randomized
Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA
Negeri 3 Payakumbuh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 2
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 4 sebagai kelas kontrol.
Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji-t dengan menggunakan
software MINITAB. Dari hasil uji-t diperoleh bahwa pada tingkat signifikan 5%
diperoleh P-value . Karena P-value < α, maka dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional. Berdasarkan hasil observasi secara umum terjadi peningkatan aktivitas
siswa dalam model Think Pair Share dari pertemuan pertama sampai pertemuan
akhir.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26450 |