Rianti, Marika (2011) Penerapan Metode TANDUR dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARIKA RIANTI-83896-2011.pdf [thumbnail of final_B1_MARIKA RIANTI-83896-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARIKA RIANTI-83896-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Pembelajaran yang berlangsung juga kurang menarik yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa untuk belajar matematika. Maka untuk itu diharapkan pada guru untuk merancang pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar matematika siswa. Untuk memuwujudkan hal tersebut, salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan metode TANDUR pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode TANDUR akan lebih baik dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran Konvensional pada pembelajaran matematika. Kemudian, apakah motivasi belajar matematika siswa akan lebih baik jika pembelajaran diterapkan dengan metode TANDUR. Penelitian ini menggunakan Randomized Control Group Only Design untuk melihat hasil belajar matematika siswa dengan metode apa yang lebih baik dan One Group Pretes-posttest Design untuk melihat motivasi belajar matematika siswa jika pembelajaran diterapkan dengan metode TANDUR. Populasinya yaitu kelas VII D, VII E dan VII F SMPN 2 Gunung Talang reguler yang terdaftar pada semester Januari–Juli tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Terpilih sebagai kelompok Eksperimen adalah kelas VII F sebanyak 32 siswa dan kelompok Kontrol, kelas VII E sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir, kuis dan angket motivasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan Sofware Minitab. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode TANDUR lebih baik dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran Konvensional pada pembelajaran matematika dan motivasi belajar matematika siswa setelah diterapkan metode TANDUR lebih baik dibandingkan motivasi belajar matematika sebelum diterapkan metode TANDUR pada pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE TANDUR, PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26444 |