Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas VII di SMP N 3 X Koto Singkarak

Putri, Maries Syameli (2011) Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas VII di SMP N 3 X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARIES_SYAMELI_PUTRI_72249_314_2011.pdf] Text
final_B1_MARIES_SYAMELI_PUTRI_72249_314_2011.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa dalam menyampaikan materi pelajaran, guru lebih sering menggunakan model konvesional yakni proses pembelajaran yang selalu menggunakan metode yang sama secara terus menerus digunakan oleh guru, sehingga siswa lebih pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk itu, perlu dicari model pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran TI&K. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Team Games Tournament, dimana model TGT ini melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya (mengajar rekan satu tim) dan mengandung unsur permainan dan reinforcement sehingga menumbuhkan tanggung jawab individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan model Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII di SMP N 3 X Koto Singkarak. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak yang berjumlah 160 orang yang terdiri dari 5 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpul data adalah tes dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran tes. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan uji perbedaan (t-test). Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan. Berdasarkan analisis hasil belajar diketahui rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 81,84 daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 71,09. Dari perhitungan uji perbedaan (t-test) didapat t hitung 4,52 sedangkan t tabel 2,00 dengan demikian t hitung > t tabel ( 4,52 > 2,00). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Team Games Tournament (kelas eksperimen) dari kelas VIIA SMP N 3 X Koto Singkarak dibanding kelas yang menggunakan model konvensional (kelas kontrol).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEAM GAMES TOURNAMENT, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:19
Last Modified: 07 Oct 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26442

Actions (login required)

View Item
View Item