Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menyunting Paragraf Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar

Mustika, Syinta Dewi (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menyunting Paragraf Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYINTA_DEWI_MUSTIKA_83438_4744_2011.pdf] Text
final_B1_SYINTA_DEWI_MUSTIKA_83438_4744_2011.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca kritis dan kemampuan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar, serta hubungan antara kemampuan membaca kritis dengan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011, dengan jumlah sampel 42 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data membaca kritis, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data menyunting paragraf. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. (1) Kemampuan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 83,2. (2) Kemampuan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 70,02. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Kritis, Kemampuan Menyunting Paragraf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:18
Last Modified: 07 Oct 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item
View Item