Syeftimar, Syeftimar (2011) Hubungan Antara Latar Belakang Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Mengajar Guru PAUD terhadap Perkembangan Kemampuan Kognitif Anak (AUD) di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SYEFTIMAR_10521_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SYEFTIMAR_10521_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SYEFTIMAR_10521_2011.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan masih banyak tenaga pendidik terlebih di daerah yang mempunyai latar pendidikan rendah (SMP, dan SMA). Pada Lembaga PAUD di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dari suatu lembaga PAUD dalam mengembangkan kemampuan kognitif Anak Usia Dini diantaranya adalah latar belakang pendidikan guru PAUD dan pengalaman mengajar guru PAUD. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara latar belakang dan tingkat pendidikan guru terhadap perkembangan kemampuan kognitif anak di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD yang ada pada lembaga PAUD di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 88 orang guru. Jumlah sampel 88 orang guru. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh dari kuesioner/ angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil analisis korelasi hubungan latar belakang pendidikan terhadap perkembangan kemampuan kognitif anak diperoleh nilai koefisien korelasi (r ) sebesar 0,87. dan (r ) 0.207. Artinya latar belakang pendidikan guru berhubungan signifikan terhadap perkembangan kemampuan kognitif Anak Usia Dini di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Hubungan pengalaman mengajar terhadap perkembangan kemampuan kognitif diperoleh nilai r tabel = 0,973, dan nilai r tabel 0,207, ternyata nilai r i hitung > nilai r . Artinya bahwa pengalaman mengajar berhubungan signifikan terhadap perkembangan kemampuan kognitif Anak Usia Dini di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. tabel Kesimpulan hasil penelitian bahwa semakin tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar guru maka akan semakin baik perkembangan kemampuan kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan perkembangan kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:17 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26437 |