Peningkatan Hasil Belajar Pengenalan Pecahan Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SD Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang

Syefnita, Syefnita (2010) Peningkatan Hasil Belajar Pengenalan Pecahan Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SD Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYEFNITA_88213_2011.pdf] Text
final_B1_SYEFNITA_88213_2011.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari refleksi awal peneliti dalam pembelajaran pengenalan pecahan di kelas III SD Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Dalam hal ini guru masih menerapkan pembelajaran secara konvensional, sehingga pembelajaran menjadi membosankan bagi siswa. Akibatnya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika terutama pada pembelajaran pengenalan pecahan. Salah satu pendekatan yang bisa diterapkan oleh guru dalam penyajian pembelajaran diantaranya adalah pendekatan kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD). Pendekatan kooperatif tipe STAD memiliki langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan pembelajaran, 2) penyajian materi, 3) kerja kelompok, 4) tes individual, 5) penghitungan skor peningkatan individual, dan 6) penghargaan kelompok. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa melalui pendekatan kooperatif tipe STAD pada materi pengenalan pecahan sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerja sama antara peneliti dengan teman sejawat. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes individual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 47 orang pada semester II tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian siklus I pada pertemuan 1 adalah rata-rata nilai tes individual siswa 68. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran pengenalan pecahan sederhana. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe STAD pada materi pengenalan pecahan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Pecahan, Pendekatan Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:17
Last Modified: 07 Oct 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item
View Item