Aksediberkah, Syarif (2012) Pengembangan Media Compact Disc (CD) Interaktif dalam Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_Syarif Aksediberkah_84027.pdf [thumbnail of final_B1_Syarif Aksediberkah_84027.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_Syarif Aksediberkah_84027.pdf
Download (463kB)
Abstract
Proses pembelajaran melibatkan interaksi antara siswa dengan guru. Interaksi edukatif diarahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Tujuan pembelajaran tercapai bila sebagian besar informasi dapat diterima dan diserap oleh siswa dengan baik. Siswa merupakan individu dengan keunikan tersendiri. Oleh karena itu, kesalahan dalam penafsiran isi pelajaran oleh siswa dapat saja terjadi, teutama pada materi yang menuntut pemahaman siswa. Materi biologi berisi konsep-konsep, prinsip, dan prosedur yang membutuhkan pemahaman, salah satunya pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Seorang guru harus mampu membuat dan menggunakan media yang tepat dan variatif agar siswa dapat memahami konsep dengan baik dan benar. Salah satu media yang dapat digunakan guru untuk materi ini adalah Compact Disc (CD) interaktif dengan program macromedia flash yang menggabungkan gambar, suara, dan animasi. Penggunaan media ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media CD interaktif pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia dan mengetahui validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 3-D dari 4-D models. Tahap define terdiri dari analisis kurikulum yaitu KTSP dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan media CD interaktif pada pokok bahasan sistem peredaran darah pada manusia. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator (2 orang dosen biologi dan 3 orang guru biologi SMA) dan uji praktikalitas oleh 3 orang guru biologi dan 30 orang siswa kelas XI MA Ar-Risalah. Tahap disseminate tidak dilakukan Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil uji validitas media CD interaktif pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia oleh validator menunjukkan bahwa media CD interaktif yang dihasilkan valid dengan revisi ringan ditinjau dari aspek isi/materi, bentuk media, motivasi dan bahasa. Hasil uji praktikalitas media CD interaktif oleh guru adalah 87,15% dan oleh siswa adalah85,83%. Hal ini menunjukkan bahwa media CD interaktif ini sangat praktis ditinjau dari aspek minat siswa, kemudahan penggunaan, kemungkinan peningkatan aktivitas siswa, ketersedian waktu dan evaluasi yang didapat dan efektivitas waktu pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media CD interaktif pada materi sistem peredaran darah pada manusia yang dihasilkan sudah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran biologi di SMA Kelas XI.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Compact Disc (CD) Interaktif, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26424 |