Pengembangan Handout Berbasis Mind Map pada Materi Sistem Gerak, Pencernaan, Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia untuk SMP Kelas VIII Semester I Berdasarkan Kurikulum 2006

Cahaya, Mariana Ade (2011) Pengembangan Handout Berbasis Mind Map pada Materi Sistem Gerak, Pencernaan, Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia untuk SMP Kelas VIII Semester I Berdasarkan Kurikulum 2006. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARIANA ADE CAHAYA_84001_2011.pdf] Text
final_B1_MARIANA ADE CAHAYA_84001_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran selama ini cendrung hanya mengoptimalkan fungsi otak kiri. Agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal, kegiatan belajar harus mengoptimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan. Mind map merupakan teknik mencatat yang mengoptimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan karena mind map menirukan cara kerja otak menyimpan informasi. Dengan menggunakan bahan ajar berbasis mind map diharapkan dapat membantu mengoptimalkan kerja kedua belah otak sehingga siswa lebih cepat memahami pelajarannya. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa handout berbasis mind map yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design dan develop dan disseminate, tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas dan analisis konsep. Tahap design dilakukan perancangan handout berbasis mind map. Tahap develop dilakukan melalui uji validitas oleh validator dan uji praktikalitas oleh guru dan siswa di SMPN 3 Solok. Data penelitian yang dikumpulkan berasal dari angket uji validitas dan angket uji praktikalitas oleh guru dan siswa terhadap handout berbasis mind map yang dihasilkan. Data ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pada penelitian ini telah dihasilkan handout berbasis mind map. Hasil uji validitas meliputi syarat didaktik, kontruksi dan teknis dengan rata-rata nilai validitas adalah valid. Hasil praktikalitas handout berbasis mind map oleh siswa menunjukkan bahwa handout berbasis mind map yang dihasilkan sangat praktis. Hasil praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa handout berbasis mind map yang dihasilkan praktis. Dapat disimpulkan bahwa handout berbasis mind map yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HANDOUT BERBASIS MIND MAP, SISTEM GERAK, PENCERNAAN, PERNAPASAN DAN PEREDARAN DARAH MANUSIA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:13
Last Modified: 07 Oct 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26419

Actions (login required)

View Item
View Item