Peningkatan Kemampuan Membaca Tabel dengan Teknik Everyone Is A Teacher Here (ETH) Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Ningsih, Maria (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Tabel dengan Teknik Everyone Is A Teacher Here (ETH) Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARIA_NINGSIH_86406_4506_2011.pdf] Text
final_B1_MARIA_NINGSIH_86406_4506_2011.pdf

Download (194kB)

Abstract

Pembelajaran membaca tabel di sekolah bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dalam menemukan informasi yang ada pada tabel. Berdasarkan informasi dan hasil pengamatan yang diperoleh diketahui bahwa kemampuan membaca tabel yang dilaksanakan di kelas VIID SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang belum optimal. Salah satu faktornya adalah penggunaan teknik pembelajaran tidak bervariasi. Penggunaan teknik Everyone Is A Teacher Here (ETH) dalam pembelajaran membaca tabel merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang, yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sebelum siklus pertama dilakukan kepada siswa, terlebih dahulu dilakukan studi pendahuluan untuk melihat pemahaman siswa. Pada studi pendahuluan ini kemampuan membaca tabel siswa hanya bernilai 54,87 (hampir cukup). Setelah itu dilaksanakan siklus pertama dengan menggunakan teknik ETH dan hasilnya meningkat menjadi 60,41 (cukup). Untuk mencapai KKM yang telah ditetapkan (65), maka dilakukan siklus kedua. Setelah dilakukan siklus kedua, ternyata menunjukkan peningkatan yang sudah melebihi KKM yang ditetapkan, yaitu 80,41. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik ETH efektif. Dalam meningkatkan kemampuan membaca tabel siswa kelas VIID SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Efektivitas tersebut dapat tergambar dalam hal berikut, (1) penggunaan teknik ETH dapat memotivasi siswa dalam membaca tabel, (2) hasil belajar siswa meningkatkan dengan penggunaan teknik ETH, dan (3) siswa berani mengeluarkan pendapat dan menerima perbedaan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik ETH dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam membaca tabel siswa kelas VIID SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA TABEL, TEKNIK EVERYONE IS A TEACHER HERE
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:12
Last Modified: 07 Oct 2025 07:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26411

Actions (login required)

View Item
View Item