Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam di Kelas XI SMAN 3 Pariaman

Syamsuir, Syamsuir (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam di Kelas XI SMAN 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAMSUIR_85794_2011.pdf] Text
final_B1_SYAMSUIR_85794_2011.pdf

Download (839kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia siswa disebabkan kurangnya motivasi dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang rendah berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrolisis garam di kelas XI SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMAN 3 Pariaman. Teknik penyampelan yang digunakan adalah total sampling yaitu semua anggota populasi menjadi sampel, dengan kelas XI IA sebagai kelas eksperiment dan XI IA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk tes objektif yang telah diujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kimia pada kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata pada kelas eksperimen = 65,33 dan kelas kontrol = 56,21. Setelah dilakukan uji t pada α = 0,05 didapat t 2 = 2,07 dan t tabel = 1,67 serta dk = 57. Karena nilai t hitung > t tabel, berarti H diterima. Jadi model pembelajaran teams games tournament lebih meningkatkan hasil belajar kimia siswa bila dibandingkan dengan menggunakan metode belajar ceramah, diskusi dan Tanya jawab.hnya hasil belajar kimia siswa disebabkan kurangnya motivasi dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang rendah berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrolisis garam di kelas XI SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMAN 3 Pariaman. Teknik penyampelan yang digunakan adalah total sampling yaitu semua anggota populasi menjadi sampel, dengan kelas XI IA sebagai kelas eksperiment dan XI IA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk tes objektif yang telah diujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kimia pada kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata pada kelas eksperimen = 65,33 dan kelas kontrol = 56,21. Setelah dilakukan uji t pada α = 0,05 didapat t 2 = 2,07 dan t tabel = 1,67 serta dk = 57. Karena nilai t hitung > t tabel, berarti H diterima. Jadi model pembelajaran teams games tournament lebih meningkatkan hasil belajar kimia siswa bila dibandingkan dengan menggunakan metode belajar ceramah, diskusi dan Tanya jawab.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:12
Last Modified: 07 Oct 2025 07:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item
View Item