Andriani, Nila (2011) Pemanfaatan Tunjangan Profesi oleh Guru Sejarah di SMU Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NILA_ANDRIANI_68092_4735_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NILA_ANDRIANI_68092_4735_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NILA_ANDRIANI_68092_4735_2011.pdf
Download (760kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru sejarah memanfaatkantunjangan profesinya (yang dilihat dari tingkat kesejahteraanya), Adapun manfaat dalampenelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana tingkat kesejahteraan guru sejarah yangsudah mendapatkan tunjangan profesi.Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif di manadata yang diambil adalah data primer yang langsung diambil dari sumber pertama melaluiwawancara, sumber datanya adalah semua guru sejarah yang sudah disertifikasi danmendapatkan tunjangan profesi, guru mata pelajaran lain dan siswa-siswi di SMA Negeri 4Padang, tringulasi data pada penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan datamelalui wawancara.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan kesejahteraan guru sejarah yang sudahmendapatkan tunjangan profesi keadaan ekonomi keluarga mereka sudah terpenuhi denganbaik, seperti dari segi kebutuhan primer, sekunder dan tersier, pendidikan anak dari gurusejarah juga mereka penuhi dengan baik, hal ini terlihat dengan kebutuhan pendidikan anakmereka yang mereka cukupi dengan baik, seperti memenuhi sarana dan prasarana yangmenunjang pendidikan mereka, bahkan sampai keperguruan tinggi. Guru-guru sejarah yangsudah mendapatkan tunjangan profesi memiliki alat transportasi sendiri yang dapatmemudahkan mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dengan kata lain, guru yangmemperoleh tunjangan profesi memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Penulismenyarankan Sebagai guru yang professional, seharusnya guru bisa memanfaatkantunjangan profesi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan diberikan tunjangan profesikepada guru, bukan saja untuk kesejehteraan semata tetapi juga untuk meningkatkan kinerjaguru sebagai pendidik, seperti menambah wawasan pendidikannya dengan caramelanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, mengikuti seminar, mengikuti les, dan membelibuku-buku yang bermanfaat untuk menunjang peningkatan profesinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROFESI GURU, KESEJAHTERAAN GURU, KINERJA GURU |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:11 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26404 |