Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Media Gambar di Kelas IV SDN 02 Tanah Pak Lambik Padang Panjang

Yanti, Samsir (2010) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Media Gambar di Kelas IV SDN 02 Tanah Pak Lambik Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAMSIR_YANTI_88214_2011.pdf] Text
final_B1_SYAMSIR_YANTI_88214_2011.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran dan guru belum menggunakan media yang tepat. Selama ini guru hanya menuntut hafalan saja sehingga siswa kurang memahami makna pembelajaran. Mata pelajaran IPS dianggap siswa sebagai pelajaran hafalan sehingga tidak mendorong pengembangan potensi diri untuk mengoptimalkan hasil belajar yang diharapkan, dilihat dari nilai rata-rata IPS yang masih rendah. Untuk itu peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar. Media gambar adalah gambar yang mengkomunikasikan pesan secara singkat. Dengan menggunakan media gambar pengalaman dan pengertian siswa menjadi lebih luas, lebih jelas dan tidak mudah dilupakan serta lebih konkret dalam ingatan dan asosiasi siswa. Media gambar dapat membantu siswa dan guru untuk menciptakan proses pembelajaran menjadi lebih baik jika dipakai dengan tepat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan pengamat. Teknik pengumpulan data adalah lembaran pengamatan dan hasil tes siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Tanah Pak Lambik Padang Panjang. Telah terlihat adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I rata-rata kelas adalah 6,90 sedangkan siklus II nilai rata-rata kelas adalah 8,60. Selain temuan hasil belajar secara angka, juga ditemukan hasil belajar berupa sikap. Terungkap ada rasa senang siswa belajar dengan media gambar mereka termotivasi untuk aktif belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penggunaan Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:11
Last Modified: 07 Oct 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26403

Actions (login required)

View Item
View Item