Perbedaan Kemampuan Mengarang Narasi Murid Kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan Teknik Reka Cerita Gambar dan Objek Langsung

Syamsibar, Syamsibar (2011) Perbedaan Kemampuan Mengarang Narasi Murid Kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan Teknik Reka Cerita Gambar dan Objek Langsung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAMSIBAR_44199_1769_2011.pdf] Text
final_B1_SYAMSIBAR_44199_1769_2011.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan mengarang narasi murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan teknik reka cerita gambar, (2) mendeskripsikan kemampuan mengarang narasi murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan teknik objek langsung, dan (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan mengarang narasi murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan teknik reka cerita gambar dan objek langsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 22 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Data penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu karangan murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan teknik reka cerita gambar dan objek langsung. Untuk menganalisis data digunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan rumus t-score guna mengetahui perbedaan kemampuan mengarang narasi murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan teknik reka cerita gambar dan objek langsung. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa (1) kemampuan murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang mengarang narasi dengan teknik reka cerita gambar berkualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata 69,70, (2) kemampuan murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang mengarang narasi dengan teknik objek langsung berkualifikasi baik dengan rata-rata hitung 76,52, (3) terdapat perbedaan yang yang berarti pada taraf signifikansi 95% antara kemampuan mengarang narasi murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan teknik reka cerita gambar dan objek langsung. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai mengarang narasi murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang dengan teknik objek langsung lebih tinggi ketimbang mengarang dengan teknik reka cerita gambar. Jadi, hendaknya guru dalam melakukan suatu tes mengarang lebih teliti memilih teknik-teknik yang diminati murid, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas VI SDN 20 Kalumbuk Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengarang Narasi, Teknik Reka Cerita Gambar dan Objek Langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:11
Last Modified: 07 Oct 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26402

Actions (login required)

View Item
View Item