Nofrizon, Anggi (2019) Korelasi Pengalaman Reseptif Berliterasi Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Anggi_Nofrizon_1300834_2179_2019.pdf [thumbnail of B1_01_Anggi_Nofrizon_1300834_2179_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Anggi_Nofrizon_1300834_2179_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. (1) mendeskripsikan
pengalaman reseptif berliterasi cerpen, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis
teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Solok, (3) mendeskripsikan
korelasi pengalaman berliterasi cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa
kelas VIII SMP Negeri Kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah
metode deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota
Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 152 siswa yang
tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak 50
orang (30% dari jumlah populasi siswa per kelas). Teknik yang digunakan dalam
penarikan sampel adalah proportional random sampling. Variabel penelitian ini
adalah pengalaman berliterasi cerpen sebagai variabel bebas dan keterampilan
menulis cerpen sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah angket
mengenai pengalaman berliterasi cerpen siswa dan tes unjuk kerja sebagai tes
menulis cerpen. Data penelitian ini adalah skor dari angket untuk pengalaman
berliterasi cerpen dan skor tes unjuk kerja untuk mendapat skor dan nilai siswa.
Uji persyaratan analisis data, yaitu uji validitas dan reliabilitas data.
Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut. Pertama, pengalaman
reseptif berliterasi cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok. Kedua,
keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok berada
pada kualifikasi hampir cukup (59,75). Ketiga, tidak ada hubungan antara
pengalaman berliterasi cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas
VII SMP Negeri Kota Solok.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengalaman
berliterasi cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Solok tidak memiliki
korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII
SMP 6 Kota Solok. Dengan demikian, pengalaman berliterasi cerpen siswa kelas
VIII SMP Negeri 6 Kota Solok tidak memiliki hubungan dengan menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:32 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2640 |