Sari, Siti Nurmala (2012) Pengaruh Tugas Rumah berupa mind map sebelum Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 8 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SITI NURMALA SARI.pdf [thumbnail of final_B1_SITI NURMALA SARI.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SITI NURMALA SARI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa Kelas X SMA N 8 Padang disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pemberian tugas rumah berupa mind map sebelum pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi. Dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas rumah berupa mind map sebelum pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas X SMA N 8 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA N 8 Padang yang tersebar 8 kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel adalah Kelas X 6 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa tes akhir dari kedua kelas sampel yang terpilih. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan kriteria jika t hitung > t tabel 5 hipotesis diterima. Nilai rata-rata kelas eksperimen 76,58 dan kelas kontrol 67,44 (76,58 > 67,44). Sedangkan, dari analisis didapatkan t hitung 1,94 dan t tabel 1,67 (t = 1,94 > 1,67). Dengan demikian, hipotesis diterima dengan taraf nyata 0,05. Maka dapat disimpulkan, terdapat pengaruh positif tugas rumah berupa mind map sebelum pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas X SMA N 8 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tugas rumah, mind map, pembelajaran kooperatif, Group Investigation, hasil belajar biologi, siswa SMA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:06 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 09:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26384 |