Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Melalui Metode Maternal Reflektif Bagi Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan di kelas IV SDLB Negeri 21 Padang Panjang

Mazrokhah, Siti (2012) Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Melalui Metode Maternal Reflektif Bagi Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan di kelas IV SDLB Negeri 21 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SITI MAZROKHAH_58472_2011.pdf] Text
final_B1_SITI MAZROKHAH_58472_2011.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada anak tunarungu dapat membaca tapi tidak tahu apa arti atau makna kata yang dibacanya, hal ini karena guru kelas belum optimal dalam menerapkan Metode Maternal Reflektif untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif teks bacaan wacana sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penerapan Metode Maternal Reflektif efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif anak tunarungu dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pelaksanaannya dengan dimulai membaca dengan irama yang benar sesuai dengan lengkung frase/pemenggalan kalimat, percakapan dengan pernyataan yang profokatif dengan cara keterarahwajahan dan keterarahsuaraan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Subyek penelitian adalah kelas IV SDLB Negeri Kota Padang Panjang dengan enam orang anak tunarungu, dari enam orang anak masih ada dua orang anak yang belum dapat memahami isi bacaan wacana sederhana sehingga belum dapat menjawab pertanyaan tentang isi bacaan wacana sederhana. Hasil penelitian pada siklus I dengan penerapan Metode Maternal Reflektif belum menampakkan peningkatan kemampuan membaca intensif sebagian anak tunarungu. Pada siklus II dengan menerapkan Metode Maternal Reflektif sudah menampakkan peningkatan kemampuan membaca intensif anak tunarungu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode Maternal Reflektif dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif anak tunarungu. Dari hasil yang diperoleh, maka untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dapat menerapkan Metode Maternal Reflektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Maternal Reflektif, membaca intensif, anak tunarungu, pembelajaran bahasa Indonesia, penelitian tindakan kelas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 09:06
Last Modified: 06 Oct 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26383

Actions (login required)

View Item
View Item