Idawati, Sisri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pada penjumlahan Pecahan Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas IV SD Negeri 04 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SISRI_IDAWATI_52184_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SISRI_IDAWATI_52184_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SISRI_IDAWATI_52184_2011.pdf
Download (288kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 04 Tabek Patah, guru kelas IV dalam mengajarkan Matematika masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pada penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tapi juga membangun pengetahuannya sendiri. Selama proses pembelajaran siswa membangun sendiri pengetahuannya melalui keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran dan siswa menjadi pusat kegiatan, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan 3. Pengamatan 4. Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerja sama antara peneliti dan obsever. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi, aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian siklus 1 pada tes akhir rata-rata siswa mencapai 73. Sedangkan tes akhir siklus 2 nilai rata-rata siswa mencapai 75 . Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PMRI, penjumlahan pecahan, pembelajaran matematika, penelitian tindakan kelas, hasil belajar, kelas IV SD. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:06 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 09:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26379 |