Oktayelia, Sari (2011) Korelasi Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SARI_OKTAYELLIA_90802_5337_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SARI_OKTAYELLIA_90802_5337_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SARI_OKTAYELLIA_90802_5337_2011.pdf
Download (823kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan, mengolah, menganalisis, dan
membahas data tentang korelasi antara minat belajar siswa dengan hasil belajar
IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok tahun pelajaran
2010/2011.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Korelasional. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang belajar IPS di SMPN 1
Kubung Kabupaten Solok sebanyak 118 orang. Sampel dalam penelitian ini
diambil dengan teknik total sampling, jadi sampel peneltian berjumlah 118 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket tertutup.
Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba penelitian untuk
menentukan validitas dan reabilitas instrumen penelitian. Analisis data digunakan
dengan dua cara yaitu: (1) Analisis Deskriptif yang bertujuan untuk melihat rata
rata (mean), standar deviasi dan persentase, dan (2) Analisis Inferensial untuk
menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Minat siswa dalam pembelajaran
IPS di SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok tergolong sedang, hal ini dapat di
buktikan bahwa dari angket yang di sebarkan nilai rata-rata skor minat didapatkan
104,12, dimana 47,46% siswa memperoleh skor di bawah rata-rata dan 52,54%
siswa memperoleh skor di atas rata-rata. 2).Terdapat hubungan yang signifikan
dan positif antara minat dalam pembelajaran IPS dengan hasil belajar siswa di
SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Pernyataan ini dapat diketahui dari hasil
pengujian keberartian metode regresi di peroleh Fhitung sebesar 155,438 harga ini
lebih basar jika dibandingkan dengan FTabel pembilang 1 dan penyebut 116 pada
taraf kepercayaan α = 0,05 sebesar 3,94 dan α = 0,01 sebesar 6,90 dengan
membandingkan F hitung dengan F tabel tersebut diketahui bahwa regresi sangat
signifikan karena F hitung lebih besar dari F tabel. Kekuatan korelasi menunjukan
bahwa minat siswa dalam pembelajaran IPS memberikan kontribusi sebesar
57,3%,
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:05 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26376 |