Purwati, Sari (2011) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Pohon Bilangan bagi Anak Down Syndrome: Single Subject Research Kelas D2/C1 di SLB Perwari Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SARI_PURWATI_83033_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SARI_PURWATI_83033_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SARI_PURWATI_83033_2011.pdf
Download (889kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah pada anak yang
belum mengenal bilangan 1 sampai 5 dengan optimal, di mana anak
mengalami kesulitan dalam menyebutkan bilangan, menunjukkan bilangan
dan mencocokkan banyak benda dengan lambang bilangannya. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui
media pohon bilangan. Media pohon bilangan merupakan alat bantu untuk
belajar angka yang disajikan dalam bentuk pohon dan buah bertulis angka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah single subject research
dengan desain baseline jamak antar variabel yang bertujuan untuk
membuktikan apakah media pohon bilangan dapat meningkatkan
kemampuan mengenal bilangan bagi anak down syndrome. Jenis ukuran
target behaviour-nya adalah frekuensi dengan menghitung jumlah jawaban
yang dijawab benar oleh anak. Sedangkan data dianalisis menggunakan
analisis visual data grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan antar
kondisi.
Hasil analisis data dalam kondisi dan hasil analisis antar kondisi
terlihat bahwa sebelum diberikan perlakuan menggunakan media pohon
bilangan pada kondisi baseline, kemampuan menyebutkan bilangan,
menunjukkan bilangan dan mencocokkan banyak benda dengan lambang
bilangan bagi anak down syndrome masih rendah, setelah diberikan
perlakuan kemampuan menyebutkan bilangan, menunjukkan bilangan dan
mencocokkan banyak benda dengan lambang bilangan bagi anak down
syndrome meningkat. Hal ini membuktikan media pohon bilangan dapat
meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 5 bagi anak down
syndrome. Untuk itu guru hendaknya menggunakan media pohon bilangan
tersebut dalam pengajaran bilangan pada anak down syndrome.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:05 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26370 |