Apriany, Rince (2011) Tinjauan Pelaksanaan Sistem Moving Class dalam Pembelajaran Bidang IPA di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RINCE APRIANY_86227_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RINCE APRIANY_86227_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RINCE APRIANY_86227_2011.pdf
Download (271kB)
Abstract
Di era globalisasi ini setiap sekolah harus memiliki manajemen sekolah
dan pembelajaran yang terencana dan terlaksana dengan baik, sehingga mutu
pendidikan sesuai standar nasional dapat diwujudkan. Terkait dengan dengan hal
tersebut, pemerintah menerapkan Sekolah Kategori Mandiri (SKM). Langkah
awal rintisan SKM adalah sekolah mampu menerapkan kegiatan pembelajaran
yang disyaratkan dalam SKM, salah satu kegiatan pembelajarannya dengan sistem
moving class. Pelaksanaan sistem moving class dilakukan untuk memenuhi
pencapaian standar proses pembelajaran dalam Standar Nasional Pendidikan
(SNP). SMA Negeri 4 Bukittinggi sebagai salah satu rintisan SKM merupakan
sekolah pertama yang melaksanakan sistem moving class. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui keterlaksanaan sistem moving class dalam pembelajaran
IPA di SMA Negeri 4 Bukittinggi.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh guru
mata pelajaran IPA dan siswa kelas XI IPA, dan XII IPA di SMA Negeri 4
Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel adalah saturated sampling untuk sampel
guru dan teknik purposive sampling untuk sampel siswa. Jumlah sampel guru
adalah 8 orang, sedangkan untuk siswa diambil 50% dari setiap kelas yaitu 18
orang siswa kelas XI IPA 1, 20 orang siswa kelas XI IPA 2, 20 orang kelas XII
IPA 1 dan 20 orang kelas XII IPA 2. Variabel penelitian adalah pelaksanaan
sistem moving class dalam pembelajaran bidang IPA di SMA Negeri 4
Bukittinggi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disusun berdasarkan skala
Likert, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan sistem moving class dari
segi pengelolaan perpindahan siswa bernilai 84,48% dengan pada kategori sangat
baik, pengelolaan ruang belajar dengan nilai 78,87% pada kategori baik dan
pengelolaan pembelajaran dengan nilai 71,16% dengan kategori baik. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem moving class dalam
pembelajaran bidang IPA di SMA Negeri 4 Bukittinggi sudah baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:04 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26367 |