Rinawati, Rinawati (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments ( TGT ) di Kelas IV. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RINAWATI_88159_831_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RINAWATI_88159_831_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RINAWATI_88159_831_2011.pdf
Download (221kB)
Abstract
Penelitian ini diangkat berdasarkan permasalahan yang dijumpai guru dalam pembelajaran PKn di SDN 17 Pakan Kurai Kecamataan Gugak Panjang Kota Bukittinggi, selama ini guru dalam pembelajaran PKn masih bersifat konvensional, dimana guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah, ini berarti siswa hanya menerima apa yang diberikan guru.
Hal di atas meyebabkan hasil belajar siswa tidak memuaskan. Untuk itu penulis mencoba memperbaiki pembelajaran PKn dengan mempergunakan pendekatan Coopertive learning tipe teams games tournamens, karena pendekatan ini membuat siswa menjadi aktif dan kreatif serta dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan mempergunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Selama penelitian ini berlangsung peneliti bertindak sebagai guru mata pelajaran PKn
yang mengajar di kelas IV, wali kelas IV menjadi pengamat II dan seorang teman sejawat menjadi pengamat I.
Untuk meningkatkan hasil belajar PKn dalam pelaksanaan tindakan peneliti mempergunakan pendekatan Coopertive learning tipe TGT dengan langkah-langkah sebagai berikut presentasi kelas, kerja tim, permainan,turnamen, dan penghargaan tim. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus, setiap siklus dilengkapi dengan RPP, LKS, lembar permainan, kunci jawaban,lembar skor permainan dan kartu bernomor. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil tes individu yang dilaksanakan yaitu siklus I
pertemuan pertama nilai rata-ratanya 50,3, pertemuan kedua 60, dan siklus IIpertemuan pertama nilai rata-ratanya 70, pertemuan kedua 76. Disamping itu
peningktaan juga terjadi pada afektif dan psikomotor siswa. Dengan demikian penggunaan pendekatan Coopertive learning tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Oleh
sebab itu pendekatan Coopertive learning tipe TGT dapat dijadikan salah satu acuan dalam pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:47 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26364 |