Rumere, Hengki (2011) Pemanfaatan Internet oleh Guru-Guru Jurusan Dalam Merancang Materi Ajar di SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HENGKI RUMERE-43181-2012.pdf [thumbnail of final_B1_HENGKI RUMERE-43181-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HENGKI RUMERE-43181-2012.pdf
Download (151kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfatan media internet oleh
guru-guru jurusan dalam mencari dan mengembangkan sumber bahan ajar,yang
bertujuan untuk meninkatkan kualitas pembelajaran di (Sekolah Menengah Kejuruan)
SMK N 5 Padang.
Penelitian ini bersifat deskriptif, hanya menyajikan situasi atau gambaran
tentang pemanfaatan media Internet dalam merancang materi ajar yang bertujuan
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 5 Padang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket
dengan cara membuat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan pemanfaatan internet
dalam merancang materi ajar yang ditujukan kepada guru-guru jurusan di SMK N 5
Padang. Kemudian angket di analisis tingkat validitas dan reliabelitas nya sehingga
memenuhi kriteria yang baik, tingkat validitas dan reabilitas angket di uji dengan
bantuan komputer dengan program SPSS versi 15.00. Untuk mengetahui tingkat
pemanfaatan media Internet dalam merancang materi ajar dilakukan berdasarkan
angket penelitian dengan menggunakan perhitungan P = F/N x 100 %.
Hasil pengolahan data adalah sebagai berikut : (a) pada guru jurusan
bangunan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pemanfaatan internet dalam
merancang materi ajar masuk dalam kategori tinggi, hanya pada indikator teknik
penyaringan informasi masih banyak guru jurusan bangunan yang rendah, (b) pada
guru jurusan elektronika hasil pengolahan data menunjukan bahwa pemanfaatan
internet dalam merancang matri ajar masuk dalam kategori tinggi, (c) pada guru
jurusan otomotif hasil pengolahan data menunjukan bahwa guru jurusan otomotif
yang memanfaatkan internet dalam merancang materi ajar masuk dalam kategori
rendah, karna pada indikator pemanfaatan internet dalam pembelajaran, peranan guru
dalam pembelajaran mengunakan media internet, pengetahuan umum tentang internet
dan pengenalan teknik penyaringan informasi banyak guru otomotif masuk dalam
kategori sangat rendah, (d) pada guru jurusan mesin hasil pengolahan data
menunjukan pemanfaatan internet dalam merancang materi ajar masuk dalam
kategori tinggi, hanya pada indikator pengetahuan tentang bentuk situs-situs yang
berhubungan dengan pendidikan banyak guru jurusan mesin yang masuk kategori
sangat rendah, (e) pada guru jurusan listrik hasil pengolahan data menunjukan bahwa
pemanfaatan internet oleh guru jurusan listrik dalam merancang materi ajar masuk
dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:47 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26361 |