Rahmawati, Sisri (2012) Pengembangan Buku Kerja Biologi Berbasis Konstruktivisme pada Sub Pokok Materi Hukum Mendel dan Penyimpangan Semu Hukum Mendel Kelas XII SMA/MA Semester II Berdasarkan Kurikulum 2006. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SISRI RAHMAWATI_5184.pdf [thumbnail of final_B1_SISRI RAHMAWATI_5184.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SISRI RAHMAWATI_5184.pdf
Download (310kB)
Abstract
Bahan ajar berupa buku kerja saat ini telah beredar dipasaran. Buku kerja biologi SMA yang telah diterbitkan terdapat beberapa kekurangan diantaranya, buku yang disajikan kurang menarik dan sangat sedikit contoh soal, sehingga siswa kurang termotivasi mengerjakan soal-soal dengan berbagai tipe soal. Berbagai pendekatan bisa digunakan sebagai basis dalam pengembangan buku kerja diantaranya pendekatan konstruktivisme yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami dan mengkonstruksi materi pelajaran secara mandiri berdasarkan pengalaman belajar dalam bentuk variasi soal latihan. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa buku kerja biologi berbasis konstruktivisme pada sub pokok materi hukum Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel kelas XII SMA/MA berdasarkan kurikulum 2006 yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahap dari model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develope). Subjek uji coba adalah 2 orang guru dari SMA Negeri 1 Kubung dan MAN 2 Payakumbuh serta siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kubung. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari validitas dan praktikalitas yang diperoleh dari guru dan siswa terhadap buku kerja yang dihasilkan. Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Pada penelitian ini telah berhasil dikembangkan buku kerja biologi SMA berbasis konstruktivisme pada sub pokok materi hukum Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel kelas XII SMA/MA semester II berdasarkan kurikulum 2006. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh 6 orang validator dalam aspek kelayakan isi, kebahasaan penyajian buku kerja, dan kegrafisan buku kerja menunjukkan buku kerja berbasis konstruktivisme yang dihasilkan sangat valid dengan nilai rata-rata 3,56. Hasil uji praktikalitas dalam aspek kepraktisan penyajian buku kerja dan kemudahan penggunaan buku kerja menunjukkan buku kerja ini praktis bagi guru dan siswa dengan nilai rata-rata 88,88 % dan 82,95 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku kerja biologi, konstruktivisme, hukum Mendel, validitas, praktikalitas, pengembangan, SMA kelas XII |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:46 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26353 |