Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam Pembelajaran Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Melintang

Asmayetti, Rina (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam Pembelajaran Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Melintang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINA_SURYA_ASMAYETTI_83465_5120_2011.pdf] Text
final_B1_RINA_SURYA_ASMAYETTI_83465_5120_2011.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan menggunakan
kalimat efektif dalam menulis surat resmi. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa
yang berada di bawah KKM yang ditetapkan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang dipilih yakni quasi eksperimen dengan desain randommized control group posttest only design. Tujuan penelitian
eksperimen semu ini adalah untuk memperoleh informasi dari suatu peristiwa yang tidak memungkinkan untuk mengontrol atau memanipulasikan semua variabel yang relevan. Melalaui metode penelitian ini dapat diketahui secara
spesifik yang menjadi sampel penelitian. Sampel penelitan ini berjumlah 68 orang yang terbagi dua ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes yang diberikan kepada sampel.
Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, membaca surat resmi yang telah ditulis siswa. Kedua, mengidentifikasi tulisan tersebut apakah termasuk dalam data penelitian atau
tidak. Ketiga, memberi skor terhadap tulisan surat resmi siswa berdasarkan aspek yang diteliti. Keempat, mengubah skor menjadi nilai berdasarkan PAP. Kelima,
mengkonversikan kemampuan menulis surat resmi siswa berdasarkan patokan skala yang digunakan di sekolah yaitu skala 10. Keenam, mendeskripsikan tingkat
kemampuan menulis surat resmi siswa berdasarkan rata-rata hitung; Ketujuh.Mengklasifikasikan nilai siswa; Kedelapan. Menampilkan data dalam bentuk histogram dari masing-masing aspek yang dinilai. Kesembilan, melakukan uji
normalitas dan uji homogenitas terhadap hasil tes. Kesepuluh, melakukan pengujian hipotesis. Kesebelas, menyimpulkan hasil pembahasan.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut, Pertama, rata-rata kemampuan siswa pada saat pretest untuk kelas
eksperimen adalah 52,21dan untuk kelas kontrol adalah 50,44. Kedua, rata-rata kemampuan siswapada saat posttest untuk kelas eksperimen adalah 71,79 dan untuk kelas kontrol adalah 58,16. Ketiga, terdapat efektifitas yang signifikan
model pelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan menggunakan kalimat efektif dalam menulis surat resmi siswa kelas VIII Negeri 3 Lembah Melintang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:46
Last Modified: 06 Oct 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26350

Actions (login required)

View Item
View Item