Yulianti, Niki (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD N 01 Campago Kecamatan Malalak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NIKI_YULIANTI_07695_3876_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NIKI_YULIANTI_07695_3876_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NIKI_YULIANTI_07695_3876_2011.pdf
Download (652kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IV SD N 01 Campago KecamatanMalalak, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPS masih terpusat pada guro, siswa pasifdan tidak kreatif yang berakibat rendahnya hasil belajar IPS. Untuk itu penelitian tindakankelas ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD N 01 Campagodengan menggunakan pendekatan inkuiri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan pelaksanaan dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 01 Campago denganmenggunakan pendekatan inkuiri. Pendekatan inkuiri adalah pendekatan pembelajaran yangmelibatkan siswa secara aktif menemukan inti sari dari materi pembelajaran yangdipelajarinya.Penelitian dilaksanakan di SD N 01 Campago Kecamatan Malalak dengan jumlahsiswa 19 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancanganpenelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang dilakukan secarakolaburatif antara peneliti dengan teman sejawat. Teknik yang digunakan dalampengumpulan data adalah : observasi dan tes. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaraninkuiri adalah orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, dan merumuskankesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasilbelajar IPS di kelas IV SD N 01 Campago, kecamatan Malalak. Nilai rata-rata hasil belajarpada siklus satu adalah 6,63 dengan tingkat ketuntasan 47,36%, dan pada siklus dua adalah8,13 dengan tingkat ketuntasan 100%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PENDEKATAN INKUIRI, PEMBELAJARAN IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:44 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26347 |