Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Mata Pelajaran Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 1

Marhayson, Marhayson (2010) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Mata Pelajaran Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARHAYSON-74061-2011.pdf] Text
final_B1_MARHAYSON-74061-2011.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Metode tersebut diduga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar itu, maka dilakukan suatu model pembelajaran kooperatif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Menerapkan Teori Kelistrikan dan Mengenal Komponen Elektronika dalam mata pelajaran Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar bagi siswa kelas X SMK Negeri 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest-postest grup kontrol untuk melihat perbandingkan hasil belajar kelompok siswa yang diberi perlakuan berupa pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Informatika SMK Negeri 1 Manggar tahun pelajaran 2010/2011, yang terdiri dari tiga kelas. Dari ketiga kelas ini secara acak dipilih kelas XTIA terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas XTIB terdiri dari 29 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XTIC terdiri dari 29 siswa sebagai kelas untuk pengujian instrument. Pengumpulan data menggunakan lembaran tes hasil belajar berupa soal esai sebanyak 10 item soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kelas yang menggunakan metoda pembelajaran kooperatif tipe NHT memiliki nilai rata-rata (75,17) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metoda konvensional (67,34). Berdasarkan perhitungan t-tes diperoleh t- hitung 3,004 sedangkan t- tabel 1,699 pada taraf signifikan 0,05. Artinya dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar di SMK Negeri 1 Manggar. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan metode konvensional. Oleh karena itu, penulis menyarankan dalam proses pembelajaran umumnya pada mata pelajaran adaptif dan normatif khususnya mata pelajaran produktif seperti pada mata pelajaran Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar bagi siswa kelas X SMK Negeri 1 Manggar agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:43
Last Modified: 06 Oct 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item
View Item