Upaya Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga di TK Bundo Kandung Lubuk Alung

Gusniati, Rina (2011) Upaya Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga di TK Bundo Kandung Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINA_GUSNIATI_88504_2011.pdf] Text
final_B1_RINA_GUSNIATI_88504_2011.pdf

Download (325kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak ditemui anak TK yang belum mampu mengenal huruf hijaiyah dengan baik. Banyak faktor yang diduga sebagai penyebabnya seperti pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak
bervariasi. Kurangnya media penunjang yang dapat dijadikan sebagai media dalam proses pembelajar, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru kurang bisa menarik perhatian anak untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Salah satu
upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan pengelan huruf hijaiyah melalui permainan ular tangga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan
pengenalan huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini melalui permainan ular tangga di Taman Kanak-kanak Bundo Kandung Lubuk Alung Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak TK TK Bundo Kandung Lubuk Alung yang berjumlah 16 orang
anak pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus
persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan pengenalan
huruf hijaiyah melalui permainan ular tangga pada kondisi awal sebesar 6.25%,pada siklus I meningkat menjadi 16.66%, dan pada siklus II meningkat menjadi
86,16% anak sudah mengenal huruf hijaiyah.
Simpulan pelaksanaan kegiatan pembelajaran peningkatan pengenalan huruf hijaiyah melalui permainan ular tangga, yang telah dilakukan ternyata terbukti
dapat meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah pada anak. Saran agar guru dapat lebih meningkatkan fungsi dari media atau alat permainan, yang mana merupakan
karya inovasi yang dapat meningkatkan lebih banyak aspek yang harus dikembangkan pada Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:42
Last Modified: 06 Oct 2025 07:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item
View Item