Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis ModulTerhadap Hasil Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota

Novelia, Sismi (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis ModulTerhadap Hasil Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SISMI_NOVELIA_76910_1346_2011.pdf] Text
final_B1_SISMI_NOVELIA_76910_1346_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode di sekolah ini belum variatif dan masih menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis modul, sehingga siswa akan lebih serius dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Modul Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota. Hipotesis yang ditemukan adalah “Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota tahun pelajaran 2010/2011”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh kelas sampel yaitu kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji –t dengan kriteria H diterima jika t½α dengan Dk= (n 2 +n -2) dan peluang (1-½α), kecil dari t hitung. Sedangkan untuk harga lainnya H 0 2 0 ditolak. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, ternyata didapatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki skor rata-rata 74,50 lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran biasa (ceramah, diskusi, dan tanya jawab) yaitu 63,67, sedangkan dari uji hipotesis yang dilakukan diperoleh t 4,50 dan t tabel 0,161 jadi t hitung ≥ t berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh tabel positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif jigsaw, modul pembelajaran, hasil belajar, Bahasa Indonesia, siswa SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:42
Last Modified: 06 Oct 2025 07:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26342

Actions (login required)

View Item
View Item