Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Srijuita, Siska (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SISKA_SRIJUITA_90724_3269_2011.pdf] Text
final_B1_SISKA_SRIJUITA_90724_3269_2011.pdf

Download (240kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang seharusnya menitikberatkan pada keterampilan bersosial di kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang belum begitu tampak. Pembelajaran cenderumg didominasi oleh ceramah, tanya jawab, dan meghafal fakta-fakta yang ada. Sehingga siswa pasif dan tidak termotivasi untuk belajar. Akibatnya hasil belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS). Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) terdiri dari 5 tahap yaitu: menyampaikan dan mengatur siswa (motivasi, meyampaikan tujuan dasar diskusi), mengarahkan diskusi (mengajukan pertanyaan awal dan modelling), menyelenggarakan diskusi (think, pair, dan share), mengakhiri diskusi, dan melakukan tanya jawab singkat tentang proses diskusi. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan, dimana dari aspek kognitif hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan materi permasalahan sosial kemiskinan adalah 75% pada siklus I pertemuan 2 dengan materi permasalahan sosial kejahatan adalah 77%, siklus II pertemuan 1 dengan materi permasalahan sosial pengangguran adalah 88% pada siklus II pertemuan 2 dengan meteri permasalahan sosial penyimpangan sosial adalah 96%. Untuk aspek afektif siklus I pertemuan 1 adalah 76 %, siklus I pertemuan 2 adalah 76 %, siklus II petemuan 1 adalah 79 %, siklus II petemuan 2 adalah 87%. Dari aspek psikomotor siklus I pertemuau 1 adalah 80%, I pertemuan 2 adalah 80%, siklus II pertemuan 1 adalah 81%, siklus II pertemuan 2 adalah 86 %. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pendekatan pendekatan Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu permasalahan sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, cooperative learning, think pair share, hasil belajar siswa, peningkatan motivasi belajar, pembelajaran sosial kelas IV SD, permasalahan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:41
Last Modified: 06 Oct 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26340

Actions (login required)

View Item
View Item